counter

Senin, 06 Januari 2014

7 THINGS ABOUT ALI WARDHANA COLLEGE


Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN)
Sebuah akronim yang sudah sangat populer di kalangan remaja Indonesia. Hampir semua Remaja Sekolah Menengah mengetahui atau paling tidak pernah mendengar nama STAN. Tapi untuk sebagian remaja yang memiliki obsesi Dokter atau Insinyur memang STAN bukan apa-apa. Sedikit akan saya uraikan 7 hal tentang kampus baru saya ini J

1.      STAN salah satu dari kampus tertua yang ada di Indonesia
STAN berdiri pada tahun 1964, untuk lebih jelasnya dapat dibaca artikel saya tentang Sekilas Sejarah STAN.  STAN adalah Perguruan Tinggi Kedinasan dibawah Kementrian Keuangan Republik Indonesia. Berlokasi di Jalan Bintaro Utama Sektor V, Tangerang Selatan, Banten. Saat ini dipimpin oleh Kusmanadji Ak. M.B.A sebagai Direktur. Cukup tua bukan, tidak dipungkiri bahwa STAN cukup populer bahkan di kalangan bapak/ibu kita.

2.      Satu-satunya Perguruan Tinggi yang memiliki spesialiasi yang langka
Kenapa saya sebut langka, meskipun mempunyai nama Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, jurusan atau spesialisasi (sebutan oleh mahasiswa STAN) tidak hanya Akuntansi, melainkan juga ada beberapa spesialsasi lain yang mungkin Cuma ada di STAN, misalnya Kepabeanan dan Cukai, Kebendaharaan Negara, dan Pengurusan Piutang dan Lelang Negara.
Sampai sekarang terdapat 9 program diploma regular dan 4 program diploma non regular yang diselenggarakan oleh STAN, yaitu
·         Prodip I / III Keuangan Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai
·         Prodip I / III Keuangan Spesialisasi Kebendaharaan Negara
·         Prodip I / III Keuangan Spesialisasi Pajak
·         Prodip III Keuangan Spesialisasi Pengurusan Piutang dan Lelang Negara
·         Prodip III Keuangan Spesialisasi Pajak Bumi dan Bangunan
·         Prodip III Keuangan Spesialisasi Akuntansi
Sedangkan program studi non-reguler yang diselenggarakan oleh STAN adalah :
·         Prodip IV Keuangan Spesialisasi Akuntansi
·         Prodip III Keuangan Spesialisasi Akuntansi dengan Kurikulum Khusus (Ajun Akuntan Khusus)
·         Prodip III Keuangan Spesialisasi Pajak dengan Kurikulum Khusus
·         Program Pendidikan Pembantu Akuntan (PA)

3.      Kampus yang mengadakan Perkuliahan/Pendidikan tersebar di seluruh Indonesia
Jangan heran, kalau nanti ada yang ngaku anak STAN tapi kuliahnya di daerah, yap, selain mengadakan pendidikan dan pelatihan di kampus pusat Jakarta, STAN juga menyelenggarakan pendidikan di Balai Diklat Keuangan yang tersebar di 11 daerah di seluruh Indonesia. Ini hanya berlaku bagi mahasiswa Prodip I Keuangan spesialisasi Pajak dan Prodip I Keuangan spesialisasi Bea dan Cukai. Sementara untuk Prodip III Keuangan, pendidikan diselenggarakan di Kampus Jakarta, tetapi untuk Prodip III Kepabeanan dan Cukai, pendidikan  dilaksanakan di Balai Diklat Kepabeanan dan Cukai di Rawamangun, Jakarta Timur.
Untuk Diploma I masa perkuliahan satu tahun (2 semester), selanjutnya lulusan Diploma I dapat melanjutkan pendidikan di jenjang Diploma III Khusus setelah melaksanakan wajib kerja 2 tahun dan mendapat izin dari instansi tempat dia bekerja serta lolos ujian saringan untuk Diploma III Akuntansi Khusus. Untuk Diploma III akan menempuh masa perkuliahan tiga tahun (6 semester).

4.      Kuliah Gratis
Mungkin banyak diantara kalian yang merasa putus asa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi karena masalah biaya. Selama pendidikan, mahasiswa tidak dipungut biaya pendidikan. Adapun biaya masuk yang harus kami bayar waktu pertama kali masuk untuk keperluan kemahasiswaan, karena anggaran dari negara hanya untuk menyelenggarakan pendidikan. Buku tulis pun diberikan secara cuma-cuma. Biaya yang harus dikeluarkan hanyalah biaya hidup selama masa pendidikan, karena mahasiswa tidak diasramakan.

5.      Kampus dengan tingkat kesulitan tinggi
Statistic  pendaftar USM STAN dari tahun ke tahun menunjukkan betapa sulitnya untuk masuk kampus ali wardhana ini. Bayangkan  saja lebih dari 80.000 lulusan SMA dari seluruh Indonesia mengikuti USM STAN dan hanya diterima sekitar 4000 mahasiswa untuk tahun 2013, tahun-tahun sebelumnya lebih dari 100.000 pendaftar dan hanya diterima sekitar 2000 mahasiswa (sangat ketat bukan). Belum lagi tahapan tes yang meliputi tiga bagian, tes tertulis, tes kesehatan, dan tes kebugaran.
Kuliah di STAN agak sedikit berbeda dengan PTN atau PTS, ada beberapa peraturan yang harus ditaati dan dipenuhi. Misalnya syarat minimal Indeks Prestasi (IP) yang harus dicapai pada tiap tingkatan. Apabila tidak memenuhi maka mahasiswa tersebut akan dipulangkan (Drop Out). Adapun Indeks Prestasi yang harus dicapai oleh mahasiswa semester pertama adalah 2.40, semestara untuk tingkat selanjutnya IPK harus diatas 2,75, apabila dibawah nilai itu maka mahasiswa harus merelakan kesempatannya menjadi PNS di Departemen Keuangan. Kemudian ada larangan untuk mencontek, bagi yang ketahuan mencontek pada saat ujian, maka tanpa ampun mahasiswa itu juga akan dipulangkan (Drop Out).
Jangan heran kenapa ada aturan yang cukup mengertikan seperti itu, STAN adalah pencetak tenaga keuangan, yang nantinya akan mengurusi pendaptan negara dari pajak yang rakyat bayarkan, jadi memang harus memiliki integritas dan kemampuan otak yang mumpuni. Tapi jangan biarkan hal ini mengurungkan niat kalian untuk bisa masuk STAN ya J

6.      Kampus yang bisa disebut “mini Indonesia”
STAN menyaring calon mahasiswa dari seluruh wilayah Indonesia, jadi mahasiswa STAN sangatlah beragam, muali dari orang batak, melayu, minang, jawa, sunda, Madura, bali, bugis, Kalimantan, dan Papua. Masih banyak lagi sebenarnya. Luar biasa bukan? Di STAN semua bercampur baur, kalian dapat saling bertukar budaya hanya dalam satu kelas. Hal ini akan sangat membantu dalam penempatan apabila sudah diangkat jadi PNS nantinya.
Potensi itu selalu dimanfaatkan untuk menggelar acara-acara yang bertujuan untuk mengakrabkan satu sama lain antar mahasiswa. Beberapa acara bertema kebudayaan pun digelar untuk mengenalkan budaya dari seluruh tanah air, menarik bukan?
ini adalah festival kebudayaan yang diselenggarakan dan merupakan agenda tahunan STAN
malam inagurasi pekan mahasiswa 

7.      Fasilitas Kampus yang sangat menunjang
Kuliah di STAN tidaklah terlalu membosankan, ada banyak kegiatan mahasiswa yang bisa diikuti. STAN juga menyediakan fasilitas untuk melakukan berbagai kegiatan. Berikut fasilitas olahraga yang disediakan oleh STAN dan dapat digunakan oleh mahasiswanya.
1.      Student Center

2.      Lapangan Tenis

3.      Lapangan Basket

4.      Lapangan voley

5.      Joging Track
        Olahraga seperti Badminton, Tenis Meja, Softball, dan futsal juga dapat dilakukan di tempat yang telah disediakan. Fasilitas untuk menunjang hobi membaca juga disediakan, ada perpustakaan yang dapat memnuhi kebutuha kalian akan ilmu pengetahuan dan juga tempat diskusi.
       Ada unit kegiatan mahasiswa yang beragam, kalian hobi dengan kerajinan tangan, ada UKM yang mewadahinya, hobi denga jurnalistik, ada UKM pers mahasiswa, hobi dengan anime, ada komunitas yang siap mewadahi hobi kalian. Dan masih bnyak lagi. Kalian yang suka berorganisasi pun akan diwadahi di STAN.
Sedikit yang bisa saya bagi, semoga bermanfaat, buat kalian yang pengen kuliah di STAN pesan saya hanya satu.

PREPARE YOUR SELF RIGHT NOW!!!

3 komentar:

  1. Ganjar 2-L DIII Pajak26 April 2016 pukul 14.15

    Malem kak, saya ngga sengaja ketemu foto SC nya di google dan suka hehe. Saya mau minta izin nih boleh ngga kak saya pake foto SC nya buat poster acara? Makasih kak^^

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah tahun ini saya masuk D3 Pajak PKN STAN

    BalasHapus