counter

Minggu, 19 Mei 2013

MENGENAL BIPOLAR DISORDER



Belum jamak dalam masyarakat indonesia saat ini tentang Bipolar Disorder. Namun, dalam dulia psikologi bipolar disorder sudah dikenal lama. Dahulu bipolar disorder disebut dengan manic depression. Sebelum kelainan ini diketahui banyak orang mengira bahwa orang dengan bipolar adalah seseorang yang gila.dari riset terbaru dikatakan bahwa setiap 5 orang di dulia ini satu diantaranya adalah bipolar.
Bipolar Disorder adalah salah satu jenis kelainan atau lebih tepatnya penyakit psikolog yang ditandai dengan perubahan mood yang ekstrem yaitu depresi dan mania. Dengan kata lain seseorang dengan bipolar disorder memiliki dua kutub yang berlawanan dimana orang tersebut dapat berada pada salah satu kutub karena suatu hal yang memicu perubahan mood dari penderita bipolar disorder.

Terdapat tiga faktor penyebab Bipolar Disorder
1.  Biologis, bipolar disorder disebabkan karena faktor keturunan atau DNA yang berasal dari anggota keluarga. Pemicu bipolar disorder ini tidak hanya berasal dari orang tua kandung secara langsung tetapi dapat pula diturunkan dari kakek atau nenek. Sehingga dengan kata lain terdapat pemicu dari faktor keturunan menyebabkan seseorang memiliki kelainan bipolar disorder.
2.  Fisiologis, keadaan fisiologis seseorang juga dapat menyebabkan seseorang memiliki bipolar disorder. Hal tersebut dikarenakan ketidakseimbangan hormonal dalam diri individu tersebut. Didalam tbuh kita terdapat hormone serotonin yang dapat menyebabkan suasana hati kita senang atau sedih sehingga hormone ini disebut sebagai hormone esenangan. Ketidakseimbangan hormone ini dapat membuat seseorang mengalami perubahan mood ekstrem.
3.  Psikososial / lingkungan, lingkungan adalah salah satu tempat dimana manusia tumbuh berkembang, dalam lingkungan ini manusia mendapat memori dan pengalaman hidup. Lingkungan yang tidak tepat (misalnya:penuh dengan kekerasan) akan tersimpan dalam memori seorang individu hingga dia dewasa, tidak hanya lingkungan, eluarga juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi. Misalnya orang tua yang sering menyiksa anak dan selalu meremehkan anak tersebut akan menyebabkan anak tersebut depresi dan terus berada dalam tekanan, hal seperti ini akan tertanam dalam benak dan alam bawah sadar anak tersebut hingga dewasa.hal ini akan membuat anak terganggu secara psikologis.

Untuk mengetahui seseorang memiliki bipolar disorder atau tidak hanya dapat diketahui dengan memeriksakan diri kepada psikolog atau psikiater. Memang cukup sulit karena kita tidak dapat mengidentifikasi diri kita sendiri memiliki bipolar disorder atau tidak. Hanya saja satu hal yang spesifik dari bipolar disorder adalah perubahan mood yang ekstrem, dan memungkinkan mengganggu aktifitas sehari-hari. Misalnya karena depresi seseorang menjadi malas melakukan segala sesuatunya.

Terdapat 4 mood episode dalam bipolar disorder
1.  Mania/manic :yakni perasaan gembira berlebihan. Pada keadaan mania seorang bipolar disorder bisa sangat kreatif dan produktif bahkan membuat mereka tidak bisa tidur (insomnia). Pada keadaan mania seorang bipolar disorder akan menjadi sangat ersemangat bahkan terkadang akan meningkatkan nafsu seksual. Keadaan seperti ini harus diwaspadai.
2.  Hipomania : hipo berarti lemah, jadi hipomania adalah keadaan manias yang sedikit lebih lemah. Kondisi seperti ini pada umumnya kondisi normal namun cenderung kearah mania. Pada kondisi seperti ini seorang bipolar disorder akan lebih tenang.
3.  Depresi : kondisi yang berlawanan dengan mania, dimana kondisi mood yang sedang tidak baik. Kondisi depresi adalah kondisi disaat seorang bipolar disorderharus mendapat perhatian lebih. Pada kondisi ini seorang bipolar disorder dapat melakukan hal-hal nekat dikarenakan tekanan psikologis yang mungkin tak tertahankan. Lebih dari 30% seorang bipolar disorder melakukan percobaan bunuh diri pada kondisi depresi. Depresi juga dapat mendekatkan seseorang dengan narkotika.
4.  Kondisi campuran ; campuran yang dimaksud adalah campuran antara mania atau hypomania dengan depresi. Menurut penuturan salah seorang penderita bipolar disorder kondisi ini adalah kondisi yang sangat melelahkan, seorang bipolar disorder mood nya dapat naik turun karena hal-hal yang memicu perubahan moodnya.
Dalam melalui episode-episode kehidupannya seorang bipolar disorder banyak yang mengalami keputus asaan hingga brujung pada kematian. Apabila Depresi tak terhankan datang, maka seorang bipolar disorder harus mencoba untuk bangkit dan survive dari keterpurukan,meskipun perubahan mood yang ekstrem akan terus berlangsung dalam sisa hidupnya. Perjuangan hidup seorang bipolar disorder bisa dibilang sangat berat,cacian dan makian kadang tak terelakkan datang dari orang-orang yang tidak mengerti.
Apabila anda seorang bipolar disorder ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghindari depresi atau mania berlebihan
1.  Menjaga pola makan yang teratur dan menghindari makanan-makanan tertentu yang dapat mempengaruhi mood. Konsumsilah makanan yang dapat meningkatkan hormone serotonin anda apabila anda sedang depresi hal ini juga dapat ada lakukan bagia anda yang moody. Makanan tersebut antara lain : coklat,green tea dan chamomile tea yang dapat memberikan suasana hati tenang.
2.  Melakukan aktifitas yang menyenangkan atau sekadar berolahraga. Melakukan aktifitas menyenangkan akan membuat anda melupakan apa yang membuat anda sedih atau tertekan. Dan apabila anda seorang seniman, anda dapat menuangkan apa yang anda rasakan melalui proses kreatif seni. Selalu tersenyum juga akan membuat anda lebih bahagia.
3.  Bergabung dengan support center, dewasa ini sudah didirikan support center yang akan membantu anda mengatasi tekanan yang anda alami.
4.  Mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan oleh psikolog.
Orang dengan bipolar adalah saudara-saudara kita yang membutuhkan bantuan orang-orang disekelilingnya untuk dapat bertahan hidup. Mereka membutuhkan seseorang untuk memberi solusi ditiap permasalahan yang mereka alami, at least seseorang yang mau mendengarkan cerita mereka sudah cukup bagi mereka.
Jadi latih kepedulian kita, sensitivitas kita terhadap orang-orang disekitar kita. Sediakan hati bagi mereka yang membutuhkan kita.
Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar